Inilah Alasan Mengapa Bajak Laut Sering Mengibarkan Bendera Tengkorak

Bagikan:

Selain dikenal karena keganasannya, perampokannya, dan kejahatannya, para bajak laut juga sering dikenal melanglang buana di tengah samudera bersama awak kapal serta bendera bergambar tengkorak.

Bahkan, setiap orang yang mengetahui bajak laut, pasti juga mengetahui bendera tengkorak yang biasanya terkibar diperahu mereka.

Namun, pertanyaannya: Bendera apa sih yang mereka kibarkan itu?, Hingga hampir seluruh bajak laut dalam ‘film’ mengibarkan bendera tersebut?, Dan juga, apa bajak laut itu benar-benar ada di dunia nyata?

Mari kita cari tahu kebenarannya.

alterntif text

Sejarah Bajak Laut: Nyata Atau Cuma Dongeng Belaka?

Diketahui bahwa bajak laut pertama kali muncul pada abad ke 13 SM, di perairan Aegea yang terletak antara Yunani dan Anatolia.

Sejak saat itu, Generasi bajak laut berkembang pesat hingga mencapai puncak kejayaannya, yaitu pada era bajak laut karibia. Yang menguasai perairan Karibia pada tahun 1560-1680 silam.

Di masa tersebut, juga banyak melahirkan nama bajak laut yang paling ditakuti di dunia. Seperti: Olivier Levasseur, William Kidd, Davy Jones, Calico Jack, dll.

Namun, karena alasan melanggar hukum, bajak laut kerap diburu oleh angkatan laut di setiap negara. Bahkan, apabila ada bajak laut yang tertangkap, maka ia akan segera dihukum mati dengan cara digantung didepan umum.

Olivier Levasseur adalah salah satu bajak laut yang tewas karena hukuman gantung. Padahal ia merupakan bajak laut dengan banyak pengalaman, bahkan merupakan salah satu bajak laut paling ditakuti di dunia.

Selain dikenal karena kecepatannya, Levasseur juga dikenal dengan beragam aksi hebatnya. Seperti berhasil memporak-porandakan pelabuhan Ouiridah, dan berhasil membajak kapal Portugis yang penuh dengan harta milik uskup Goa pada waktu itu.

Namun sayang, petualangan hebat Levasseur harus berakhir, ketika ia ditangkap dan digantung pada tanggal 7 Juli 1730 di pulau Bourbon.

Oleh karena itu, maka bisa dipastikan bahwa BAJAK LAUT BENAR-BENAR ADA. Bajak laut memiliki sejarah yang tidak terbantahkan. Bajak laut juga bukan sebuah cerita dongeng belaka.


Adapun Sejarah Bendera Tengkorak yang Dikibarkan Para Bajak Laut

https://i1.wp.com/prijajiblog.files.wordpress.com/2017/06/allocine-fr-fileminimizer.jpg?ssl=1

Credit: allocine

Bendera dengan logo tengkorak yang dikibarkan para bajak laut itu mempunyai sejarah yang cukup panjang, bahkan mempunyai sebutan tersendiri, yakni “Jolly Roger”.

Jolly Roger merupakan nama bendera tengkorak tersebut. Tidak ada yang tahu pasti asal muasalnya nama tersebut tercipta.Tapi banyak yang berpendapat bahwa nama Jolly Roger tersebut diambil dari plesetan lidah orang Inggris saat mendengar orang Perancis berbicara “Jollie Rouge” (si merah yang cantik).

Kemungkinan orang inggris salah mendengar atau kesulitan menyebut, sehingga namanya berubah menjadi “Jolly Roger”.

Ada sebagian yang beropini, bahwa nama Jolly Roger sebenarnya diambil dari raja Sisilia yang bernama King Roger II, bahkan dikatakan raja tersebutlah yang pertama kali mengibarkan bendera itu untuk kapal prajurit Templar pada tahun 1127.

Sedangkan, bendera Jolly Roger digunakan oleh para bajak laut untuk memberi isyarat kepada kapal musuh untuk bersiap-siap memulai pertempuran. Adapun warna hitam pada latar belakang bendera tersebut dimaksudkan agar kapal musuh segera menyerah.

Akan tetapi, tidak hanya bajak laut saja yang mengibarkan bendera Jolly Roger, nyatanya para militer juga pernah mengibarkan bendera Jolly Roger di Perang Dunia II.

Saat itu armada kapal selam Inggris dan Australia mengibarkan bendera tengkorak saat kembali ke pelabuhan sebagai tanda keberhasilan, keberanian, serta perjuangan dalam melaksanakan tugas.


Dan itulah sejarah bendera tengkorak yang sering dipakai para bajak laut. Kegunaannya juga beragam, serta untuk tujuan yang berbeda-beda.

Bajak laut menggunakan bendera tengkorak untuk memberi isyarat kepada kapal musuh untuk bersiap-siap. Sementara para militer menggunakan bendera tengkorak sebagai tanda keberhasilan dan keberanian dalam menjalankan tugas.

alterntif text
Bagikan:

Rifaldo Surya

Quotes aja ya, Jalani hidup kamu sebaik-baiknya.

You may also like...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.