Inilah 13 Berita Hoax yang sempat menggemparkan dunia

Bagikan:

Prijaji.com– Di era Internet, berita hoax atau palsu memang sangat mudah menyebar dari mulut ke mulut. Bahkan dari media ke media.

Tak jarang situs besar juga ikut mem-publikasikan-nya tanpa mengetahui dari mana sumber itu berasal, atau terkadang berita hoax memang sengaja dibuat untuk tujuan finansial atau hanya untuk menipu publik oleh sebagian orang.

Dan, inilah 13 Berita hoax yang sempat menggemparkan dunia:

alterntif text

13. Justin Bieber adalah seorang Pedofilia

Credit: salon

Berita Hoax juga pernah menghampiri salah satu artis papan atas Amerika Serikat, Justin Bieber.

Sebuah media online The Onion pernah menyebutkan bahwa Justin Bieber adalah seorang pedofilia berusia 51 tahun yang menyamar memakai topeng.

Meski berita ini pernah menjadi topik hangat media-media di berbagai negara. Tapi tetap saja kalau berita tersebut tidaklah benar.

Bahkan The Onion sendiri mengakui, kalau mereka adalah sebuah media parodi untuk sekadar menghibur, bukan untuk dipercaya, Dikutip dari situs Enigma.

12. Astronot yang hilang selama 28 tahun

Credit: juaranews

Berita ini sempat tenar di media-media online, mungkin ini adalah salah satu cerita yang disukai oleh para pecinta misteri.

Dengan unsur kisah yang dramatis dan tidak masuk di akal, membuat cerita ini sangat cepat menyebar dari media ke media.

Situs Weekly World News-lah yang pertama kali mempublikasikan berita ini. Tapi, apabila kita teliti situs itu. Kita dapat menemukan berita-berita yang tidak benar dalam situs WWN.

Bahkan terlalu dibuat-buat, semisal: Cina akan meledakan bulan, Hillary Clinton mengadopsi bayi Alien, Alien mengembalikan Bush sebagai presiden, dll.

Mungkin situs Weekly World News (WWN), juga memiliki motto yang sama dengan The Onion, sama-sama sebagai media parodi.

11. Penampakan peri

Credit: caping

Photo yang diambil oleh dua anak perempuan ini, sangat populer pada tahun 1917. Bahkan salah satu majalah terkenal dimasa tersebut pernah mengutip photo-photo itu.

Tapi pada tahun 1980-an, salah satu dari dua anak perempuan itu mengakui kalau photo-photo peri tersebut adalah palsu, peri-peri dalam photo itu ternyata mereka buat dengan menggunakan potongan-potongan kertas.

10. Pohon Spaghetti

Credit: zona1000

Pohon Spaghetti mungkin salah satu berita hoax yang paling menggemparkan dunia. Karena berita ini langsung disiarkan oleh BBC, salah satu nama program populer di televisi Inggris.

Akibat berita tersebut, BBC menerima ratusan panggilan dari pemirsa yang menyaksikan.

Namun akhirnya pohon spaghetti dinyatakan tidak pernah ada, karena kita tahu kalau spaghetti hanya dapat dibuat dengan tepung dan air, bukan dari tumbuhan.

9. Autopsi Alien

Credit: liputan6

Pada tahun 1947, telah terjadi insiden menghebohkan mengenai jatuhnya UFO yang terjadi di kawasan Roswell, New Meksiko.

Pada tahun 1995, seseorang berasal dari Inggris mengklaim telah menemukan film dokumenter yang merekam Autopsi jasad Alien Roswell.

Namun hal tersebut dipatahkan pada tahun 2006, ketika orang yang sama mengakui kalau film dokumenter tersebut adalah film palsu, dan Alien yang digunakan sebagai objek hanyalah sebuah boneka.

8. Megan Fox adalah laki-laki

Credit: shemazing

Berita hoax juga pernah menimpa seorang artis cantik bernama Megan Fox.

Dikabarkan bahwa Megan Fox dulunya adalah seorang laki-laki yang sukses menjadi seorang perempuan berkat operasi perubahan kelamin yang dilakukannya.

Namun setelah dicari tahu asal muasal berita tersebut, alhasil situs Weekly World News-lah yang mempublikasikan berita ini untuk pertama kali, hingga pantas dinyatakan bahwa berita tersebut benar-benar palsu.

7. Microsoft membeli Gereja Vatikan

Pada tahun 1990-an ada sebuah berita yang menyangkut perusahaan besar Microsoft dan sebuah gereja katolik Vatikan. Pada saat itu dikabarkan kalau Perusahaan Microsoft akan membeli sebuah Gereja dengan tujuan pertukaran saham.

Namun saat berita tersebut ramai dibicarakan, Microsoft mengeluarkan pernyataan bahwa berita tersebut hanya sebuah kebohongan belaka.

6. Buku harian Hitler

Credit: liputan6

Sebuah majalah ternama di negara Jerman telah memberitakan bahwa mereka telah menemukan sebuah buku harian milik Adolf Hitler.

Majalah tersebut dikabarkan telah membayar sebesar $4 juta USD untuk mendapatakan buku harian berharga milik Hitler.

Tapi setelah beberapa hari berita tersebut di publikasikan, buku harian milik Hitler itu dinyatakan palsu. Karena dapat dipastikan kalau kertas yang terdapat dalam buku tersebut berasal dari era modern.

Sehingga penulis buku palsu tersebut harus menerima hukuman penjara, atas tuduhan melakukan penipuan.

5. Buku Populer yang tidak pernah ada

Credit: redaksi

Pada tahun 1950-an, seorang penyiar radio memberitakan tentang sebuah buku yang sangat laris, ia memberi judul buku tersebut dengan nama “I, Libertine”.

Mendengar menariknya buku yang diceritakan oleh sang penyiar, banyak para pemirsa setia yang mencari-cari buku tersebut.

Namun nyatanya buku yang diberitakan oleh penyiar radio itu tidak pernah dibuat, tidak pernah di publikasikan dan tidak pernah ada.

4. Crop Circle

Crop Circle sering dianggap sebagai jejak bekas pendaratan pesawat Alien di bumi, Crop Circle biasanya dapat ditemukan di ladang gandum dengan pola yang rapi dan beragam.

Namun berita tentang Alien sebagai tersangka atas terciptanya Crop Circle tidaklah benar.

Karena dua orang Inggris pernah mengaku dan bertanggung jawab, kalau mereka berdua lah yang membuat jejak-jejak tersebut di ladang gandum.

Bahkan, sekarang ini sudah banyak komunitas-komunitas pembuat Crop Circle di berbagai negara.

3. Bayi Naga dalam toples

Kisah ini bermula pada tahun 2003, yang menyebutkan bahwa seorang pria dari Inggris memiliki seekor bayi naga yang diawetkan dalam sebuah toples.

Tapi setelah dicari tahu sumber dari berita tersebut, ternyata lagi-lagi situs Weekly World News-lah yang muncul sebagai pencetus pertama kali.

Situs Enigma pernah menyebutkan, bahwa bayi naga dalam photo tersebut sebenarnya adalah sebuah model yang digunakan oleh BBC untuk membuat film dokumenter berjudul “Walking With Dinosaurus”.

2. Andrew Carlssin dan mesin waktu dari tahun 2256

Credit: pinterest

Cerita Andrew Carlssin merupakan sebuah cerita yang sangat spektakuler.

Dalam cerita tersebut, dikatakan kalau Andrew adalah seorang pria yang berasal dari tahun 2256 yang kembali ketahun 2000-an untuk bermain trading.

Setelah dicari tahu sumber berita tersebut, ternyata lagi-lagi situs Weekly World News-lah yang pertama kali memberitakan cerita ini. Dari data-data diatas mengenai motto situs WWN, kita dapat memastikan kalau cerita spektakuler ini sebagai salah satu berita hoax.

1. Facebook akan ditutup

Credit: flickr

Salah satu berita yang juga didalangi oleh situs Weekly World News ini, sempat menjadi topik pembicaraan pengguna facebook seluruh dunia.

kabarnya menyebutkan kalau Facebook akan tutup pada tanggal 15 Maret 2011 silam, dikarenakan pendiri situs sudah tidak sanggup lagi mengurusnya.

Bahkan serangan para peretas juga disebut-sebut sebagai salah satu alasan bangkrutnya Facebook.

Nyatanya hingga sekarang Facebook masih eksis, dan berita dari Weekly World News (WWN) lagi-lagi berhasil menipu pembacanya.

alterntif text
Bagikan:

Rifaldo Surya

Quotes aja ya, Jalani hidup kamu sebaik-baiknya.

You may also like...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.