12 Film yang dilarang tayang di berbagai negara

Bagikan:

Prijaji.com– Film merupakan salah satu sarana untuk melepas jenuh, menghabiskan waktu, dan sebagai teman beristirahat.

Dalam sebagian film kita juga dapat memetik pelajaran bermanfaat dan menginspirasi untuk dibawa dalam kehidupan sehari-sehari.

Tapi tidak banyak yang tahu, kalau film-film juga ada yang dilarang tayang di berbagai negara atas suatu alasan seperti kekerasan, pelecehan, terlalu vulgar, hingga karena alasan agama.

Dan berikut ini adalah 12 film yang dilarang tayang di berbagai negara :

alterntif text

12. Cannibal Holocaust

Film yang dirilis pada tahun 1980-an ini, menceritakan tentang ekspedisi pencarian atas hilangnya lima kru film saat melakukan dokumentasi di hutan amazon.

Namun dalam film tersebut diketahui kalau Kru film tidaklah hilang, melainkan diculik dan dibunuh dengan sadis oleh suku setempat yang diyakini sebagai Kanibal.

Film ini banyak memperlihatkan adegan penyiksaan, pembunuhan, hingga pemerkosaan.

Banyak yang mengira pemeran dalam film tersebut memang nyata terbunuh, sehingga sang sutradara pun ditangkap dengan tuduhan melakukan pembunuhan.

Walaupun akhirnya Sutradara tidak dinyatakan bersalah, namun film Cannibal Holocaust tetap dilarang tayang di 19 negara.

11. A Serbian Film

Film ini besutan sutradara Srđan Spasojevic, mengisahkan tentang seorang pensiunan bintang porno yang kembali lagi ke profesi lamanya itu setelah terkendala ekonomi.

Film yang rilis pada tahun 2010 ini, sangat banyak mengandung unsur dewasa yang menyimpang. Semisal, berhubungan badan dengan anak kecil sampai binatang.

Adapun satu adegan yang memperlihatkan seorang lelaki berbadan kekar telah memperkosa seorang bayi yang baru lahir ke dunia.

Setelah ditayangkan, film ini banyak menuai protes keras dimana-mana. Bahkan dicekal diberbagai negara seperti spanyol, Portugis, Australia, Perancis, Selandia Baru, Malaysia, Singapura dan Norwegia.

10. The Human Centipede 2

Credit: 123wtf

Film ini menceritakan tentang seorang tukang parkir yang terobsesi setelah menyaksikan film horror dilayar kaca.

Obsesinya itu menuntunnya menculik 11 orang dan menyambungnya menjadi satu. Ia menjahit korbannya satu persatu dari mulut ke anus.

Sehingga berjejer panjang menyerupai kelabang atau lipan.

Film garapan Tom Six ini mempunyai tiga sekuel, dimana sekuel ke duanya ini dirilis pada tahun 2015.

Semua Adegan dalam film ini semata-mata menceritakan penyiksaan yang keji oleh tukang parkir sebagai tokoh utama.

Adegan-adegan pada film The Human Centipede 2 ini akhirnya mengundang kontroversial, sehingga film yang ditampilkan secara hitam putih tersebut dilarang tayang di negara Inggris.

Baca Juga: 11 Misteri yang belum terpecahkan di dunia

9. Grostesque

Di negara jepang ada sebuah film kontroversi yang berjudul grostesque. Rilis ditahun 2009, film ini mengangkat sebuah cerita horror.

Cerita awalnya pun bermula tentang kehidupan muda-mudi yang diculik saat kencan pertama oleh penculik yang gila.

Penculik tersebut tidak meminta tebusan ataupun barang lainnya, melainkan ia hanya menyiksa korbannya dengan sadis.

Adegan-adegan dalam film ini dikatakan sangat mengganggu, termasuk adegan moncongkel mata dan amputasi.

Sebab itu, film ini dilarang tayang diberbagai negara, termasuk negara inggris yang notabennya jarang sekali mencekal per-film-an.

8. The Exorcist

Credit: yibada

Film yang berjudul The Exorcist ini ternyata diangkat dari sebuah novel tahun 1971, karya William Peter Blatty. Novel tersebut memiliki judul yang sama dengan versi filmnya.

Film The Exorcist Rilis di tahun 1973, membawa cerita tentang sebuah penggalian Artefak kuno di kawasan Irak. Dalam penggalian tersebut ditemukan patung-patung kuno yang menyimpan iblis didalamnya.

Namun entah mengapa iblis itu merasuki tubuh seorang gadis. Sehingga gadis tersebut mengalami kejadian-kejadian aneh yang tidak bisa dijelaskan akal sehat.

Di negara Inggris, paramedis disiapkan saat pemutaran film The Exorcist.

Karena film tersebut dianggap mempengaruhi penonton begitu kuat sehingga banyak penonton pingsan dan histeris.

Mungkin akibat itu, film The Exorcist dilarang tayang di berbagai negara, karena disebut terlalu mengerikan.

Adapun sebagian negara juga melarang pemutaran film ini terkait alasan agama.

7. Evil Dead

Credit: dreadcentral

Film garapan Sam Raimi ini mengangkat cerita horror tentang pembunuhan-pembunuhan yang mengerikan.

Semua bermula ketika seorang gadis yang berniat menghentikan kecanduannya terhadap narkoba, niat baiknya itu di bantu teman-temannya termasuk kakaknya sendiri.

Untuk menghilangkan candu tersebut, mereka semua berlibur kesebuah hutan, disana ada sebuah pondok untuk mereka tinggali.

Tapi saat sampai di pondok itu, mereka menyadari kalau tempat tersebut pernah digunakan orang lain untuk melakukan sebuah ritual pemanggilan setan.

Lantas dengan itu, peristiwa-peristiwa janggal dan aneh pun bermunculan, hingga mereka tewas satu persatu.

Karena terlalu banyak unsur kekerasan yang frontal, film ini kemudian dicekal diberbagai negara termasuk Singapore, Finlandia, Jerman, Islandia, dan Irlandia.

Meski begitu, film ini tetap laris dipasaran, bahkan sampai dibuat ulang pada tahun 2013 oleh orang yang sama, Namun kemudian Sam Raimi memilih duduk menjadi seorang produser.

Baca Juga : Benarkah penyakit Aids dapat menular saat berciuman?

6. The Texas Chainsaw Massacre

Sutradara Tobe Hopper sukses bembawa tema horror dalam filmnya yang berjudul The Texas Chainsaw Massacre.

Lewat film yang rilis pada tahun 1974 tersebut, Tobe Hopper menceritakan tentang seorang pembunuh Psikopat yang mengerikan.

Di setiap adegan, Tobe Hopper juga memperlihatkan kalau Pembunuh Psikopat tersebut selalu memburu korbannya dengan menggunakan gergaji mesin.

Dikarenakan terlalu banyak unsur kekerasan yang frontal, film ini pun dilarang tayang di berbagai negara.

Dan sebagian bioskop juga memberhentikan pemutaran film karya Tobe Hopper ini, setelah mendapat sangat banyak keluhan mengenai adegan-adegan dalam film yang dinilai terlalu ekstrim.

5. E.T. The Extra-Terrestrial

Credit: Wikipedia

Film yang rilis pada tahun 1982 ini menceritakan tentang seorang anak yang bertemu dengan mahkluk asing.

Mahkluk asing tersebut diyakini berasal dari luar bumi. Sebab adanya mahkluk itu, rumah tokoh utama didatangi oleh sekelompok agen dan ilmuwan untuk meng-karantina mereka.

Karena saat itu tokoh utama dan mahkluk asing tersebut sedang sekarat.

Film ini sempat dilarang tayang di Negara Norwegia, Swedia, dan Denmark. dengan alasan penggambaran Orang dewasa yang seolah-olah menjadi musuh dari anak-anak.

Hal itu ditakutakan memicu gerakan internasional Anti orang dewasa.

4. Scum

Rilis pada tahun 1979, Sutradara Alan Clarke membawa film bergenre kriminalitas yang menceritakan kerasnya kehidupan dikawasan Borstal, Inggris.

Carlin, nama tokoh dalam film tersebut menjadi seorang berandalan setelah ia tinggal dikawasan Borstal dan terpengaruh tindak kekerasan sehingga membuatnya mendekam dipenjara.

Namun karena film ini terlalu banyak mengandung unsur rasisme, kekerasan frontal, pemerkosaan, bunuh diri, dan banyak pertengkaran. Akhirnya film ini dicekal diberbagai negara.

3. Natural Born Killer

Credit: denofgeek

Film tahun 1994-an ini menceritakan kehidupan sepasang kekasih yang mempunyai kebiasaan menyimpang.

Mereka berdua sama-sama memiliki hobi membunuh hanya untuk kesenangan semata. Bahkan tokoh utama dalam film tersebut diceritakan sudah membunuh kedua orang tuanya sejak kecil.

Film ini menuai kritikan pedas karena dianggap sangat banyak unsur kekerasan. para kritikus juga menilai film ini terlalu memuliakan tindakan pembunuhan.

Dibeberapa scene pada film tersebut terselip photo-photo pelaku pembunuhan terkenal disampul majalah hingga pakaian.

Sebab itulah, negara Irlandia melarang putar sepenuhnya film ini.

2. A Clockwork Orange

Stanley Kubrick adalah nama sutradara dibalik terciptanya film ini.

A Clockwork Orange yang rilis pada tahun 1971 silam, menceritakan tentang seorang kriminal yang sering merampok rumah, mencuri mobil, dan melakukan pemerkosaan.

Namun nahasnya, seorang kriminal itu ternyata masih sekolah dan masih tinggal bersama orang tuanya.

Tidak hanya itu.

Di beberapa adegan dalam film ini juga menyinggung masa depan pemerintahan Inggris yang dikatakan akan berakhir suram.

Sebab adegan tersebut, pemerintahan Inggris marah, media mengkritik besar-besaran, Keluarga sang sutradara mendapat teror dan diancam beberapa pihak.

Akibat hal itu, Kubrick selaku sutradara meminta rumah produksi untuk menghentikan pemutaran film A Clockwork Orange.

1. Hillary : The Movie

Credit: viraltop10s

Hillary: The Movie adalah Sebuah film dokumenter untuk keperluan politik tahun 2008 yang menceritakan tentang Hillary Clinton.

Film ini seharusnya tayang di per-televisi-an Amerika Serikat tepat sebelum hari pemilihan tahun 2008.

Namun permintaan itu dilarang, karena menyangkut peraturan Undang-Undang Kampanye yang diberlakukan oleh Komisi Komunikasi Federal Amerika Serikat.

Dalam film ini juga memperlihatkan hasil wawancara dengan tokoh terkenal seperti Dick Morris dan Ann Coulter yang mengulas tentang keterlibatan Hillary Clinton dalam berbagai skandal.

alterntif text
Bagikan:

Rifaldo Surya

Quotes aja ya, Jalani hidup kamu sebaik-baiknya.

You may also like...

1 Response

  1. Mei 8, 2017

    […] Baca juga: 12 Film yang dilarang tayang di berbagai negara […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.