12 Makanan Indonesia yang terkenal diluar negeri

Bagikan:

Prijaji.com– Selain dikenal dengan keberagaman Suku dan Budaya-nya, Indonesia juga dikenal lewat hidangan-hidangan kulinernya.

Bahkan, kuliner-kuliner milik tanah air mulai di lirik oleh manca negara. Tidak sedikit restoran-restoran di negara barat yang memperjual belikan panganan asal indonesia. Bukan karena hanya banyak yang suka, namun soal rasa juga tidak tertandingi.

Setidaknya, Inilah 12 makanan Indonesia yang terkenal diluar negeri:

alterntif text

12. Nasi Goreng

Credit: qraved

Nasi goreng merupakan makanan khas kepunyaan Indonesia. Bahkan makanan tersebut juga pernah di sebut dalam salah satu pidato mantan presiden Amerika Serikat, Barrack Obama.

Panganan yang dapat ditemui di berbagai pelosok Indonesia, ternyata juga terkenal hingga ke manca negara.

Sayangnya, harga nasi goreng di manca negara terbilang sangat fantastis. Jika di Indonesia seporsi Nasi Goreng hanya dipatok dengan harga Rp 10 ribu – 25 ribu. Namun di Amerika Serikat, nasi goreng bisa dipatok harga hingga $10 USD atau kurang lebih sekitar Rp 130 ribu untuk seporsinya.

11. Sate Ayam

Credit: okezone

Sate ayam merupakan salah satu makanan paling digemari masyarakat Indonesia. Bahkan sekali mencium aroma sate ayam saja, langsung rasanya perut lapar.

Makanan yang memiliki ciri khas ditusuk dan dibakar di atas bara api ini, ternyata juga terkenal hingga ke manca negara.

Di Indonesia dengan uang Rp 10 ribu, kita sudah dapat menikmati seporsi sate ayam.

Namun kenyataan tersebut berbeda jauh di negara barat. Semisal di Jerman, Sate Ayam bisa di hargai hingga 10 EURO atau sekitar Rp 150 ribu untuk satu porsi.

10. Pisang Goreng

Credit: resepmembuat

Pisang goreng adalah makanan paling nikmat jika di santap beramai-ramai juga dibarengi ngobrol-ngobrol ringan bersama rekan kerja maupun kerabat.

Makanan khas Indonesia ini juga merupakan salah satu makanan yang terkenal hingga keluar negeri, salah satunya di negara Belanda.

Perbedaan harga juga sangat mencolok, di Indonesia dengan Rp 1000 sudah bisa menikmati santapan tersebut. Sedangkan di Belanda, kita wajib mengeluarkan uang sebesar 5 Euro atau sekitar Rp 75 ribu, baru bisa menikmati satu buah pisang goreng.

9. Bakso

Credit: markaindo

Tidak ada yang tidak suka dengan kuliner yang satu ini, bahkan kalau di istilah-kan dalam peribahasa mungkin berbunyi seperti ini: Pantang pulang sebelum habis.

Uniknya, makanan berbahan dasar daging giling itu juga terkenal hingga ke Singapura. Di tanah air hanya dengan Rp 10 ribu kita sudah dapat membeli semangkuk hidangan tersebut.

Sedangkan di Singapura, kita harus merogoh kocek sebesar 5 SGD atau sekitar Rp 50 ribu, baru bisa membawa pulang semangkuk bakso.

8. Gado-Gado

Credit: kuliner123

Makanan yang isinya banyak dilengkapi dengan rempah-rempah tersebut, bisa dibilang salah satu makanan paling diminati masyarakat Indonesia.

Dengan harga relatif terjangkau yang berkisar  antara Rp 10 ribu Р12 ribu, kita sudah dapat menikmati seporsi gado-gado. Namun jangan harap harga tersebut sama di Amerika serikat.

Di Amerika Serikat khususnya di New York, harga seporsi gado-gado bisa mencapai $10 USD atau sekitar Rp 110 ribu.

7. Tempe

Tempe merupakan makanan turun temurun, merupakan makanan tiada matinya meski sudah beberapa kali berganti zaman. Bagi masyarakat Indonesia, apabila ada lalapan tidak lengkap rasanya tanpa kehadiran tempe.

Tempe salah satu makanan yang bergizi tinggi serta harganya juga murah.

Namun apakah di Eropa harga tempe juga murah? Tentu saja tidak.

Jika Di indonesia harganya berkisar Rp 2 Ribu – 3 Ribu/potong, maka di Eropa satu potong tempe dibandrol dengan harga 1,8 Euro atau setara dengan Rp 25 ribu.

6. Soto Ayam

Credit: nytimes

Makanan tradisional berkuah yang dilengkapi irisan daging ayam, telur, serta rempah-rempah sebagai pelengkapnya adalah soto Ayam.

Makanan yang satu ini tidak asing lagi ditelinga penduduk Indonesia, dari anak kecil, remaja, dewasa, hingga lansia semua pernah mencicipinya.

Dengan berbekal uang Rp 10 ribu – Rp 25 ribu, kita sudah dapat mencicipi semangkuk kuliner ini, tapi harga tersebut tidak berlaku di negara Jerman atau Belanda.

Di sana, harga Soto Ayam sangat mahal, bahkan bisa mencapai 12 Euro atau setara Rp 180 ribu per mangkuknya.

5. Rendang

Credit: umiresep

Rendang adalah makanan yang dinobatkan sebagai makanan ter-enak versi CNN. Walaupun rasanya tidak diragukan lagi, tapi harganya tetap terjangkau.

Di Indonesia sendiri, Rendang dipatok dengan harga Rp 35 ribu – 40 ribu/porsinya. Sementara di Singapura harga Rendang sangat mahal yaitu berkisar $13 SGD atau setara Rp 90 ribu/porsi.

4. Pecel Lele

Credit: resepumi

Makanan ini termasuk makanan murah meriah, terlebih jika kita makan di angkringan yang seporsinya dipatok Rp 9 ribu – 10 Ribu.

Jika kebetulan Anda sedang liburan di Negara Swiss, maka mampirlah untuk mencicipi pecel lele, tapi jangan kaget dengan harganya.

di Negara Swiss, Pecel Lele termasuk kategori makanan yang mewah. Karena di sana untuk menikmati seporsi pecel lele, Anda harus berani merogoh kocek sekitar 15 Euro atau setara dengan Rp 230 ribu.

3. Bika Ambon

 

Credit: otonomi

Kue yang dikenal sebagai oleh-oleh khas medan ini biasanya dijual dengan rasa pandan, durian, cokelat, hingga keju. Meski di Indonesia harganya cukup terjangkau dari Rp 23 ribu – 50 ribu untuk yang berukuran kecil. Namun di negara Belanda harga Bika Ambon bisa mencapai EUR 8,5 atau sekitar Rp 130 ribu/ 600 gram-nya.

2. Martabak

Credit: tmpo

Walaupun panganan yang satu ini bukan murni dari Indonesia, namun martabak tetap menjadi salah satu makanan yang paling dimanati masyarakat indonesia.

Martabak dapat ditemui dimana saja, dari cafe yang menyediakan sampai pedagang gerobak kaki lima.

Harganya pun relatif murah berkisar antara Rp 10 ribu – 15 ribu. Sedangkan harga Martabak di negara tetangga Malaysia juga termasuk murah.

Untuk menikmati satu buah martabak yang berukuran besar, kita hanya perlu membayar  sekitar RM 6 atau sekitar Rp 18 ribu saja.

1. Mi Instan

Credit: obatnya

Mi instan memang sangat praktis, tidak tunggu lama hidangan dapat disajikan. Mungkin hal inilah yang membuat orang-orang banyak menyukainya.

Walaupun di Indonesia harganya sangat terjangkau, dengan hanya Rp 2 ribu – 3 ribu saja, kita sudah dapat membeli sebungkus mi instan.

Tapi berbeda di negara lain, misalnya di Jepang, mi instan baru bisa dibandrol dengan harga 85 Yen atau sekitar Rp 9 ribu/bungkusnya. Sedangkan di Amerika, mi instan dihargai dengan $2 USD atau setara dengan Rp 25 ribu/bungkus.

 

 

 

alterntif text
Bagikan:

Rifaldo Surya

Quotes aja ya, Jalani hidup kamu sebaik-baiknya.

You may also like...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.