Karena kita saudara, sebaiknya tak perlu saling membenci

Bagikan:

Karena kita bersaudara

Aku kadang geli sendiri, kalau sudah melihat kamu mencibir perkara negeri ini. Ada-ada saja yang kamu bicarakan tentang kejelekan yang bahkan terlalu di jelek-jelekan.

Kemungkinan kamu lupa bahwasanya kita berasal dari latar belakang yang sama. Dari sejarah yang sama. Kita juga dijajah oleh bangsa yang sama pada silam lalu. Kemungkinan kamu lupa perihal suka dan duka negeri kita dimasa itu.

Lantas setelah beberapa tahun terlepas. Mengapa kamu berani berbicara sekotor itu. Menghujat pemimpin negeri. Mengotori politik. Dan pada asik ribut sendiri.

Kemungkinan kamu juga lupa bahwa negeri ini belum maju. Sebab mungkin ada kamu yang hanya mengkritik tanpa memberi solusi; sebab mungkin ada kamu yang dengki ketika melihat orang lain maju dengan karyanya.

Sebenarnya negeri ini tidak butuh itu kawan… sungguh.

Aku rasa hidup akan baik-baik saja tanpa kamu yang seperti itu. Hidup akan berjalan dengan semestinya tanpa kamu yang seperti itu. Dan yang pasti, hidup akan lebih tenang tanpa kamu yang seperti itu.

alterntif text

Aku bilang semua tidak butuh itu. Kita tidak perlu mengotori tangan dan mulut kalau hanya untuk mencibir anak bangsa. Yang dulu juga sama-sama makan singkong.

Kamu lupa kita ini saudara. Bahwasanya jika negeri ini hancur, aku dan kamu juga akan ikut hancur.

Sebab tidak hanya politik, hukum, dan selebritis. Namun olahraga juga mulai ikut ambil bagian.

Ketika aku mendengar banyak orang saling beradu argumen perihal tim idola mereka. Saling bantah. Lempar cacian dan meledak di tribun stadion. Itu hal yang sangat menggelikan.

Akhirnya banyak korban jiwa meninggal. Manusia yang awalnya hanya ingin mencari hiburan, lantas pulang naik keranda mayat. Sangat menggelikan.

Kemungkinan pencipta olahraga itu hanya ingin kamu-kamu saling bersahabat. Mengingat tim-tim yang kamu idolakan itu tidak datang dari pulau yang sama.

Mereka datang dari arah berbeda pun jauh. kamu yang pendukung juga datang dari arah berbeda pun jauh pula. Kita ini hidup di bumi yang sama. Mempunyai dasar negara yang sama. Mempunyai cerita yang sama.

Ada baiknya kalau kamu berjabat tangan. Saling memeluk, dan saling tertawa bersama. Karena kita. Aku dan kamu itu saudara, dan olahraga itu diciptakan supaya kamu bisa lebih mengenal. Supaya aku dan kamu bisa bertemu ditempat yang sama, dikeramaian yang sama.

Bukankah, seharusnya kamu juga senang, karena kedatangan saudara jauh yang rela datang ketempat itu. Bertemu denganmu.

Itu lebih baik daripada kita saling menghujat, mendendam satu sama lain. Itu bukan kita. Bukan pribadi kita.

Karena kita tahu. Aku dan kamu itu saudara. Mari sama-sama menjadi yang lebih baik untuk pribumi dan diri sendiri.

Sebab, kalau gajah saja mati meninggalkan gading. Lantas manusia mati hanya meninggalkan kebencian?. Aku tidak mau seperti itu. Dan pastinya kamu juga tidak mau seperti itu.

alterntif text
Bagikan:

Rifaldo Surya

Quotes aja ya, Jalani hidup kamu sebaik-baiknya.

You may also like...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.