Mencegah Kejahatan, Penjara Ini Mengajari Narapidana Membuat Pizza

Bagikan:

Prijaji.com – Edukasi terhadap narapidana itu merupakan hal yang sangat penting bagi para napi, agar memiliki kehidupan yang layak dan mencegah kembalinya terlibat dalam kasus kriminal setelah bebas nanti.

Terkadang otoritas hukum melupakan hal itu, mereka hanya menghukum tanpa memberikan sebuah pelajaran atau keahlian bagi para napi. Tidak heran, setelah bebas narapidana itu kembali lagi terlibat dalam hal-hal kriminalitas.

Karena pada dasarnya, mereka tidak memiliki keahlian sehingga tidak dapat melakukan apa-apa selain berbuat kejahatan.


Namun, di penjara Cook Country, Chicago, Amerika Serikat mengusung hal yang berbeda. Di dalam penjara tersebut para napi diajarkan membuat Pizza yang langsung dibimbing oleh chef profesional asal Italia.

alterntif text
https://i0.wp.com/prijajiblog.files.wordpress.com/2017/06/liputan6-com-fileminimizer2.jpg?ssl=1

Credit: liputan6.com

Tidak hanya diajarkan keahlian, napi yang membuat pizza juga dapat menjual pizza tersebut ke para napi lainnya dengan harga $7 USD atau sekitar Rp 100 Ribu.

Bahkan, tidak tanggung-tanggung, para napi di penjara Chicago ini dapat menjual hingga 200 pizza setiap minggunya.

Sedangkan narapidana yang telah menjadi pelanggan setia, selalu senang ketika pizza tersebut hadir di hadapan mereka. “Bahkan senangnya seperti hari natal”, ujar salah satu napi yang membuat pizza.

Program edukasi tersebut sengaja dirancang oleh pihak penjara Cook Country di Chicago, guna memberikan sebuah aktivitas yang berguna untuk kedepannya bagi para napi.

https://i1.wp.com/prijajiblog.files.wordpress.com/2017/06/1-liputan6-com-fileminimizer1.jpg?ssl=1

Credit: liputan6.com

Adapun, program tersebut diberi nama “Recipe for Change”, sesuai namanya yakni, Resep bagi perubahan.

Program tersebut juga disambut baik oleh chef asal Italia yang membimbing para napi, chef itu percaya bahwa makanan dapat mengubah hidup orang lain. Termasuk hidup para napi.

Kedepannya, program ini berencana menjual pizza tersebut ke luar penjara dan gedung pengadilan.
Dengan untung yang didapat, mereka juga berencana untuk membeli sebuah truk makanan, agar semua masyarakat dapat merasakan pizza super enak yang dibuat oleh para napi.


Program yang di usung oleh salah satu penjara di Chicago ini mungkin juga dapat diterapkan di Indonesia untuk memberikan kesempatan bagi para narapidana. Karena mereka juga berhak mendapat kehidupan yang layak, dan sebuah pekerjaan positif.

Bagaimana? kamu setuju.

Dan ini adalah video dari tayangan mengenai program “Receipe for Change”, yang ditayangkan oleh voaindonesia.com

alterntif text
Bagikan:

Rifaldo Surya

Quotes aja ya, Jalani hidup kamu sebaik-baiknya.

You may also like...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.