15 Negara terkaya di dunia tahun 2017

Bagikan:

Prijaji.com– Sebuah negara bisa dikatakan kaya atau miskin-nya setelah ditentukan berdasarkan tingkat GDP per kapita atau Pendapatan Nasional Bruto yang dihasilkan negara tersebut setiap tahunnya.

Setelah saya teliti, ternyata negara kecil lebih mendominasi sebagai negara terkaya didunia, bahkan mengalahkan negara-negara besar seperti Amerika serikat, China, maupun jerman.

Maka inilah 15 negara terkaya di dunia, menurut perhitungan nilai GDP per kapita pada tahun 2016:

alterntif text

15. Belanda

Negara yang berpenduduk lebih dari 16 juta jiwa ini, adalah salah satu negara terkaya didunia dengan nilai GDP per kapitanya yang bisa dibilang sangat tinggi.

Karena hal itu, negara yang pertama kali melegalkan pernikahan sesama jenis ini berhasil menduduki urutan ke-15 sebagai negara terkaya.

Pada tahun 2016, Belanda tercatat memiliki tingkat GDP mencapai $50,846 USD (sekitar 670 juta Rupiah) per kapita-nya.

Sedangkan perekonomian negara yang berjulukan kincir angin ini bergantung pada sektor jasa, industri, dan beberapa perusahaan multinasional serta sumberdaya gas alam yang melimpah.

Karena melimpahnya gas alam yang ada di belanda, hampir setiap rumah tangga menggunakan gas alam.

14. Arab Saudi

Credit: express

Arab saudi adalah negara terbesar ke-lima di benua Asia dan terbesar ke-dua di timur tengah setelah negara Aljazair.

Negara yang sebagian besar wilayahnya adalah gurun pasir tersebut berhasil mencatatkan tingkat GDP per kapita yang sangat tinggi.

Memiliki tingkat GDP per kapita yang mencapai $57,293 USD (sekitar 719 juta Rupiah) pada akhir tahun 2016, membuat Arab Saudi masuk kedalam daftar negara-negara terkaya.

Bersama sektor ladang minyak yang melatar belakangi perekonomian Negara, Arab saudi sukses bertengger di posisi ke-14 sebagai negara terkaya.

Bahkan Arab saudi memproses sekitar 18% kebutuhan petroleum dunia. Karena itu, Arab Saudi mendapatkan sebuah gelar sebagai penyuplai petroleum terbesar di dunia.

13. Amerika Serikat

Negara paman Sam juga masuk dalam daftar negara terkaya menurut perhitungan GDP per kapita tahun 2016.

Nilai GDP per kapita amerika serikat menembus angka $57,293 USD (sekitar 762 juta Rupiah) pada akhir tahun 2016. Dengan nilai GDP per kapita yang begitu tinggi, tidak heran kalau Amerika Serikat berhasil masuk kedaftar negara terkaya.

Mengalahkan ratusan negara lainnya.

Amerika Serikat juga memiliki sumber daya alam yang melimpah, insfratuktur modern, serta produktivitas yang tinggi.

Dari segi ekonomi, negara yang memiliki tingkat perceraian paling tinggi tersebut bergantung pada sektor industri, jasa, pertanian, kerajinan hingga perkantoran.

Sektor-sektor tersebutlah yang kemudian membuat pendapatan negara meningkat serta turut menaikan nilai GDP per kapita.

12. Hongkong

Credit: techcrunch

Hongkong adalah salah satu negara yang memiliki penduduk terpadat di dunia, dengan jumlah penduduk sekitar 7 juta jiwa di lahan seluas 1,104 km2

Negara yang diisi sekitar 90% etnis tionghoa ini berhasil masuk ke daftar negara terkaya, dengan tingkat GDP per kapita mencapai $58,094 USD (sekitar 772 Juta Rupiah).

Hebatnya, salah satu negara terpadat didunia ini memiliki kurang lebih 8000 gedung pencakar langit, hampir dua kali jumlah pencakar langit yang ada di New York.

Bergantung pada sektor industri, jasa, asuransi, dan layanan sosial. Hongkong sukses meningkatkan pendapatan Negara, hal tersebut juga mempengarui nilai GDP per kapita yang ada di negara tersebut.

Hasil tersebut juga membawa hongkong duduk di urutan ke-12 sebagai negara terkaya didunia pada akhir tahun 2016.

11. Swiss

Negara yang mempunyai motto “Satu untuk semua dan semua untuk satu” ini, adalah negara Swiss yang akan kita bahas dalam daftar negara terkaya selanjutnya.

Swiss merupakan salah satu negara yang sebagian besar wilayahnya terdiri dari pegunungan. Walaupun wilayahnya terdiri dari pegunungan, tetapi nilai GDP di negara ini tidak bisa dianggap remeh.

Bahkan bisa dikatakan sangat tinggi.

Pada akhir tahun 2016, Swiss berhasil mencatatkan nilai GDP per kapita-nya yang mencapai $59,375 USD (sekitar 789 juta Rupiah).

Adapun perekonomian di negara Swiss bisa dibilang sangat stabil. Bergantung pada sektor jasa, industri, serta beberapa perusahaan multi nasional dan organisasi internasional.

Dengan memiliki beberapa sektor tersebut, Swiss berhasil duduk di urutan ke-11 sebagai negara terkaya didunia pada akhir tahun 2016.

10. San Marino

Mungkin tidak banyak yang mengetahui, bahwa San Marino merupakan sebuah negara. San Marino adalah negara yang dikelilingi langsung oleh Italia.

Salah satu negara terkecil didunia ini, memiliki nilai GDP per kapita yang sangat tinggi. Bahkan melebihi negara yang mengelilinginya.

Tidak tanggung-tanggung, San Marino memiliki tingkat GDP per kapita yang mencapai $64,443 USD (Sekitar 857 juta Rupiah) pada akhir tahun 2016.

Sedangkan ekonomi negara yang memiliki empat iklim ini, kebanyakan berasal dari sektor industri serta berasal dari pariwisata, bisnis, dan penjualan perangko.

Sektor tersebutlah yang kemudian membawa San Marino menduduki urutan ke-10 sebagai negara terkaya didunia.

9. Uni Emirat Arab

Mungkin banyak orang yang mengira kalau Arab saudi ialah Negara Uni Emirat Arab, tapi nyatanya bukan.

Arab saudi dan Uni Emirat Arab adalah dua negara berbeda yang sama-sama terletak di wilayah timur tengah.

Negara yang memiliki salah satu kota termegah didunia ini, berhasil mencatatkan nilai GDP yang sangat tinggi pada akhir tahun 2016. Bahkan tingkat GDP per kapita-nya menembus angka $67,696 USD (Sekitar 900 Juta Rupiah).

Sedangkan, perekononomian di negara ini bergantung pada sektor minyak bumi dan gas alam dan beberapa sektor finansial, perkebunan, hingga konstruksi bangunan.

Uni Emirat Arab juga merupakan negara yang memiliki salah satu gedung pencakar langit tertinggi didunia, bernama Burj Khalifa yang pembangunannya menghabiskan biaya lebih dari $1,5 Miliar USD.

Hal tersebut adalah bukti nyata bahwa perekonomian di negara ini sangat maju, sebab itu juga Uni Emirat Arab pantas menduduki urutan ke-9 sebagai negara terkaya didunia.

8. Norwegia

Credit: visitnorway

Negara yang memiliki penduduk sebanyak 4.9 Juta ini, merupakan salah satu negara dengan kepadatan penduduk terendah didunia.

Meski begitu, nilai GDP per kapita yang ada di negara ini tidak serendah jumlah penduduknya. Bahkan bisa dibilang melebihi negara-negara ‘super power’ yang ada di dunia.

Dengan nilai GDP per kapita-nya yang mencapai $69,296 USD (sekitar 921 juta Rupiah), nilai tersebut tercatat pada akhir tahun 2016.

Sedangkan perekonomian negara ini, bergantung pada sektor makanan laut dan beberapa perusahaan yang terdapat di negara tersebut.

Bahkan, Norwegia juga merupakan sebuah negara dengan penghasil gas alam terbesar di luar timur tengah.

Karena hal tersebutlah yang membuat Norwegia duduk diperingkat ke-8 sebagai negara terkaya didunia.

7. Irlandia

Salah satu negara yang tidak ikut dalam perang dunia ini, adalah negara terkaya di dunia selanjutnya.

Republik Irlandia mempunyai nilai GDP per kapita yang sangat tinggi. Bahkan mengalahkan negara tetangganya, Inggris.

Pada akhir tahun 2016 tercatat kalau Irlandia memiliki tingkat GDP per kapita mencapai angka $69,374 USD ( Sekitar 922 juta Rupiah).

Kondisi perekonomian di negara ini tumbuh dengan pesat dari waktu ke waktu, bersama sektor pariwisata, industri dan pertanian berhasil membuat Irlandia maju selangkah dari Norwegia.

Berdasarkan dari hal-hal tersebut, membuat Irlendia duduk di peringkat ke-7 sebagai negara terkaya didunia.

Dan fakta menarik yang perlu diketahui dari Irlandia adalah dari segi pendidikannya.

Irlandia merupakan salah satu negara yang memiliki sistem pendidikan terbaik urutan ke-9 di dunia. Seperti yang dilansir pada situs cermati.

6. Kuwait

Credit: mcgroup

Kuwait merupakan salah satu negara ter-aman di dunia, yang berbatasan langsung dengan negara Arab Saudi.

Pada tahun 2014 silam, Kuwait memiliki penduduk sebanyak 4,2 jiwa; 1,3 juta jiwa merupakan penduduk asli kuwait dan sisanya merupakan pendatang.

Namun yang mengejutkan dari negara ini adalah nilai GDP per kapita-nya yang melesat begitu tinggi, bahkan Kuwait mengalahkan Uni Emirat Arab pada akhir tahun 2016.

Tercatat nilai GDP per kapita di Kuwait menembus angka $71,263 USD (Sekitar 947 juta  Rupiah).

Dari segi perekonomian, negara ini bergantung pada sektor pertanian, minyak bumi, dan industri.

Tiga sektor tersebutlah yang kemudian membawa Kuwait menduduki peringkat ke-6 sebagai negara terkaya didunia.

5. Brunei Darussalam

Brunei merupakan salah satu negara di Asia tenggara yang digolongkan sebagai negara maju. Bahkan, Forbes menempatkan Brunei sebagai negara terkaya kelima dari 182 negara.

Hal itu menunjukkan betapa tingginya nilai GDP per kapita yang tercatat di negara Brunei, Pada akhir tahun 2016, GDP per kapita negara brunei mencapai $79,710 USD ( melewati angka 1 Miliar Rupiah).

Dengan nilai GDP per kapita setinggi itu, tidak salah kalau Forbes menempatkan Brunei sebagai negara terkaya kelima.

Dari segi perekonomian, Brunei bergantung pada sektor minyak bumi dan gas alam. Dan Brunei juga tergabung dalam organisasi ekonomi internasional seperti APEC, ASEAN, dan WTO.

Negera yang bersebelahan langsung dengan Indonesia ini memang pantas menduduki peringkat kelima sebagai negara terkaya didunia.

4. Singapura

Salah satu negara terkecil didunia ini, juga berasal dari Asia tenggara yang berbatasan dengan Malaysia.

Nilai GDP per kapita yang ada di Singapura juga sangat tinggi, tercatat pada akhir tahun 2016 kalau tingkat GDP per kapita Singapura mencapai angka $87,082 USD (sekitar 1.1 Miliar Rupiah).

Negara ini memainkan peranan penting dalam perdagangan dan keuangan Internasional, bahkan pelabuhan singapura adalah salah satu dari lima pelabuhan tersibuk didunia.

Perekonomian negara ini bergantung pada sektor Industri, jasa, pengilangan minyak bumi, dan pemrosesan karet.

Berdasarkan Nilai GDP per kapita, singapura berhasil mengalahkan negara tetangganya, Brunei yang terpaut di urutan kelima.

3. Makau

Credit: scmp

Makau mempunyai julukan sebagai Las Vegas dari timur, karena di Makau juga terdapat kasino-kasino perjudian layaknya di Las Vegas.

Mungkin karena hal itu, Nilai GDP per kapita di Makau mempunyai nilai yang sangat tinggi, bahkan mencapai $96,147 (sekitar 1.2 Miliar Rupiah) pada akhir tahun 2016.

Makau bersebelahan dengan negara Tiongkok, dan perekonomiannya bergantung pada sektor perdagangan, judi, konstruksi, jasa dan industri.

Hal itulah yang kemudian membawa Makau menduduki tempat ke-3 sebagai negara terkaya didunia.

2. Luksemburg

Credit: aegeanair

Mungkin negara Luksemburg sedikit asing ditelinga kita. Bahkan Luksemburg juga merupakan salah satu negara terkecil di eropa dengan luas wilayah hanya sebesar 2,586 km persegi saja.

Meski memiliki wilayah negara yang tidak begitu luas, namun pada tahun 2016, Luksemburg berhasil mencatatkan nilai GDP per kapita yang mencapai $101,936 (sekitar 1.3 Miliar Rupiah).

Negara yang memiliki angka pengangguran terkecil di Eropa ini, bergantung pada sektor jasa dan industri baja.

Walaupun tidak memiliki ladang minyak bumi dan gas alam, nyatanya negara ini tetap mampu masuk ke dalam daftar negara terkaya.

Berkat ekonomi yang stabil, pendapatan tinggi, inflasi rendah dan tingkat pengangguran rendah pula berhasil membuat Luksemburg menduduki urutan ke-2 sebagai negara terkaya didunia.

1. Qatar

Posisi pertama ditempati oleh negara Qatar, yang negaranya berlokasi di semenanjung jazirah Arab dan berbatasan dengan Arab Saudi.

Tuan rumah piala dunia tahun 2022 ini, berhasil mencatat nilai GDP tertinggi di dunia mengalahkan ratusan negara-negara lainnya.

Pada akhir tahun 2016, Qatar berhasil mencatat tingkat GDP per kapita menembus angka $129,726 ( sekitar 1.7 Miliar Rupiah), hal tersebut merupakan nilai GDP per kapita tertinggi yang ada di dunia.

Sedangkan dari segi ekonomi, Qatar bergantung pada sektor minyak bumi dan gas alam yang menjadikannya negara paling kaya di dunia.

Bahkan, penduduk di negara Qatar bisa dikatakan lebih maju dibandingkan penduduk negara eropa barat.

alterntif text
Bagikan:

Rifaldo Surya

Quotes aja ya, Jalani hidup kamu sebaik-baiknya.

You may also like...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.