Ternyata, Inilah 21 Negara Terkecil Yang Ada Di Dunia

Bagikan:

Prijaji.com – Saya sempat bingung ketika mengetahui ada sebuah negara yang lebih kecil dibandingkan kota, bahkan jauh lebih kecil dibandingkan kota Jakarta.

Dari semuanya, ada negara yang memiliki wilayah hanya seluas 44 hektar saja, adapun yang berpenduduk hanya tiga orang saja, dan sebagainya.

Terlepas dari itu, maka inilah ulasan mengenai;

  1. Vatikan, negara paling kecil di dunia, dan
  2. 21 Negara terkecil di dunia

Baca juga: Inilah Asal Usul Sejarah Keyboard QWERTY Yang Digunakan Hingga Sekarang

alterntif text

Vatikan Adalah Negara Paling Kecil Di Dunia

https://i0.wp.com/prijajiblog.files.wordpress.com/2017/06/gezipgordum-com.jpg?ssl=1

Credit: gezipgordum

Vatikan merupakan negara yang langsung berbatasan dengan Roma, Italia. Sebagai sebuah negara, Vatikan bisa dipastikan sangat sempit. Bahkan luasnya tidak lebih besar dibandingkan kota yang ada di Indonesia, negara suci bagi umat Kristen ini memiliki wilayah seluas 0.44 km² saja, atau hanya seluas 44 Hektar.

Bandingkan dengan kota yang ada di Indonesia, misalkan Jakarta, yang memiliki wilayah seluas 661,5 km². Jika dihitung, berapa kali lipat luas Jakarta dibandingkan dengan luas Vatikan? Bahkan, Siboga sebagai salah satu kota terkecil yang ada di Indonesia saja mempunyai wilayah seluas 10,77 Km².

Namun, karena wilayahnya kecil, Vatikan juga mempunyai penduduk sedikit yaitu tidak lebih dari 1000 orang. Negara milik uskup Paus ini juga tidak mempunyai stadiun olahraga, tidak ada Bandara, dan jalan raya. Vatikan hanya mempunyai satu tempat untuk pendaratan helikopter.


Baca juga: Wajib Tahu, Tipe dan Fakta Kepribadian Menurut Semua Golongan Darah


Di Vatikan, ada sebuah tempat tinggal untuk Paus, bangunan tersebut sangat besar dan diberi nama Istana Aspostolis. Hebatnya, istana tersebut memiliki 1400 kamar, 12523 jendela, hampir 1000 tangga serta mempunyai 20 halaman

https://i1.wp.com/prijajiblog.files.wordpress.com/2017/06/bbc-com.jpg?ssl=1

Patung David, Credit: bbc

Tidak hanya itu, Michelangelo, seorang seniman yang terkenal dengan karyanya yaitu patung David, pernah bekerja di Istana milik paus. Ia bekerja selama 4 tahun (1508-1512) di Istana Aspostolis untuk menyelesaikan lukisan dinding di langit-langit bangunannya.

Vatikan merupakan negara terkecil di dunia yang diakui secara internasional.


21 Negara Terkecil Di Dunia

Selain Vatikan. rupanya juga terdapat negara-negara kecil lainnya. Setidaknya, ada 21 negara terkecil di dunia. Namun, negara-negara tersebut masih mempunyai luas yang lebih  besar dibandingkan dengan Vatikan.

Apa saja negara tersebut? inilah 21 negara terkecil yang ada di dunia beserta luas dan jumlah penduduknya.


1. Vatikan

https://i0.wp.com/prijajiblog.files.wordpress.com/2017/06/gezipgordum-com.jpg?ssl=1

Credit: gezipgordum

Luas wilayah: 0,44 Km²
Jumlah Penduduk: 842 Jiwa
Lokasi: Di benua Eropa

2. Sealand

Credit: bbc

Luas Wilayah: 1,6 Km²
Jumlah Penduduk: Tidak diketahui
Lokasi: Di Benua Eropa

Negara ini kecil, tidak ada gedung, tidak ada bandara, dan tidak ada jalan raya. Uniknya, negara ini tidak berada di daratan, namun berada di atas perairan. Sealand terletak pada jarak 9,6 Km dari lepas pantai Inggris. Tidak hanya itu, sealand adalah negara mikro yang tidak diakui secara internasional.

3. Monaco

https://i0.wp.com/prijajiblog.files.wordpress.com/2017/06/telegraph-co-uk1.jpg?ssl=1

Credit: telegraph.co.uk

Luas Wilayah: 2 Km²
Jumlah penduduk: 30.535 jiwa
Lokasi: Di Benua Eropa

30 Ribu penduduk di atas lahan seluas 2 Km², selain sempit, mungkin juga Monaco merupakan salah satu negara terpadat di dunia.

4. Liberland

Luas Wilayah: 8 km²
Jumlah penduduk : tidak diketahui
Lokasi : Di benua Eropa

Liberland merupakan negara yang terletak di antara Kroasia dan Siberia, uniknya, Liberland mempunyai undang-undang kewarganegaraan yang menyebutkan bahwa, semua orang boleh menjadi warga negara Liberland, asalkan tidak mempunyai riwayat dengan kelompok komunis dan kelompok yang mempunyai catatan kejahatan.


Baca juga: 11 Negara dengan durasi waktu puasa terpanjang di dunia


5. Nauru

Luas Wilayah: 21 Km2
Jumlah Penduduk: 9.540 jiwa
Lokasi: Di Oceania

Nauru tidak memiliki ibukota secara resmi, dan negara ini juga berpenduduk sangat sedikit, yakni hanya sekitar 9.540 orang saja, secara tidak langsung nilai tersebut juga mengantarkan Nauru sebagai negara dengan penduduk paling sedikit kedua setelah Vatikan.

6. Tuvalu

Luas Wilayah : 26 km²
Jumlah penduduk : 10.869 jiwa
Lokasi : Di Oceania

Tuvalu merupakan negara yang terletak di antara hawaii dan australia, negara ini sangat rawan akan banjir, bahkan bisa-bisa tenggelam sekalipun. Karena daratannya hanya setinggi 5 meter saja diatas permukaan laut.

Hebatnya, Tuvalu adalah negara yang berjuang sekuat tenaga agar bisa masuk dalam organisasi PBB (Perserikatan Bangsa Bangsa), sebab negara ini tidak mampu membayar uang registrasi sebesar Rp 1,3 miliar. Karena hal itu, PBB pun akhirnya memberikan keringanan agar Tuvalu dapat mencicil biaya registrasi tersebut dan akhirnya negara ini berhasil masuk dalam organisasi PBB.

7. Bermuda (Somers Isles)

Luas Wilayah: 53 km²
Jumlah Penduduk: Tidak diketahui
Lokasi: Di Benua Eropa

Negara ini berlokasi di Samudera Atlantik dan berada tepat di sebelah timur Amerika Serikat, namun nyatanya, Bermuda masih berada dibawah naungan konstitusi Inggris. Terlepas dari itu, Bermuda juga merupakan salah satu tempat termahal untuk berwisata pantai.

8. San Marino

Luas Wilayah : 61 km²
Jumlah penduduk : 33.020 jiwa
Lokasi : Di Benua Eropa

San Marino merupakan negara yang berbatasan langsung dengan Italia, dan merupakan negara tertua di dunia. Kemudian dari segi musim, San Marino mempunyai empat musim serta berada di atas pegunungan.

9. Saint Lucia

Luas wilayah : 67 km²

Negara kecil ini pertama kali ditemukan oleh bangsa Spanyol, kemudian diserahkan kepada Perancis, lalu setelah itu dikusai Britania Raya. Akan tetapi, negara yang di beri nama Saint Lucia ini akhirnya resmi merdeka pada tahun 1979 setelah berhasil lepas dari jajahan Britania Raya.

10. Liechtenstein

Luas Wilayah : 160 km²
Jumlah penduduk : 37.625 jiwa
Lokasi : Di Benua Eropa

Liechtenstein merupakan negara terkecil di dunia yang memakai bahasa Jerman sebagai bahasa umum. Uniknya, Liechtenstein juga menjadi satu-satunya negara berbahasa jerman yang tidak berbatasan langsung dengan negara Jerman.

11. Kepulauan Marshall

Luas Wilayah : 181 km²
Jumlah penduduk : 72.191 jiwa

Kepulauan Marshall adalah negara yang berbatasan dengan Nauru, Kiribati, Mikronesia, dan pulau Bake. Tidak hanya itu, Kepulauan Marshall juga merupakan salah satu negara tanpa punya kekuatan militer.

12. Saint Kitts and Nevis

Luas Wilayah : 261 km²
Jumlah penduduk : 51.936 jiwa

13. Maladewa atau Maldives

Luas Wilayah : 298 km²
Jumlah penduduk : 393.253 jiwa
Lokasi :Di Benua Asia

14. Malta

Luas Wilayah : 316 km²
Jumlah penduduk : 413.965 jiwa
Lokasi : Di Benua Eropa

15. Grenada

Luas wilayah : 344 km²

16. Saint Vincent and the Grenadines

Luas wilayah : 389 km²

17. Barbados

Luas wilayah : 431 km²

18. Antigua dan Barbuda

Luas wilayah : 440 km²

19. Seychelles

Luas wilayah : 455 km²

20. Palau

Luas Wilayah : 458 km²

21. Andorre

Luas wilayah : 468 km²


Demikianlah ulasan mengenai negara terkecil di dunia. Semoga informasi kecil ini dapat menambah wawasan serta menambah pengetahuan. Tekan SUKA dan BAGIKAN, apabila kamu merasa temanmu juga harus membaca informasi ini. Dan jangan lupa, sempatkan memberi komentar dengan memasukan NAMA dan ISI KOMENTAR dibawah artikel ini.

alterntif text
Bagikan:

Rifaldo Surya

Quotes aja ya, Jalani hidup kamu sebaik-baiknya.

You may also like...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.