12 Inovasi dan teknologi lama yang tergantikan oleh teknologi baru

Bagikan:

Prijaji.com– Semakin berkembang zaman, semakin maju pula yang namanya teknologi. Bahkan teknologi itu sendiri tidak dapat ditebak dan tidak dapat dicegah perkembangannya.

Perkembangan inovasi dan teknologi selalu mendorong manusia untuk bertindak praktis dan efektif dalam segala hal baik pekerjaan maupun kehidupan pribadi.

Sedari mulainya revolusi industri hingga sekarang ini, sudah banyak cikal bakal teknologi yang diciptakan dan banyak pula teknologi yang tergantikan oleh teknologi-teknologi yang baru.

Dan, inilah 12 Inovasi dan teknologi lama yang tergantikan oleh teknologi baru.

alterntif text

12. Mesin Ketik

Sebelum adanya komputer, kita terlebih dulu mengenal mesin ketik sebagai alat pembuat dokumen, perbukuan, dan sebagainya.

Dari awal penemuannya hingga abad ke-20, mesin ketik digunakan oleh para penulis profesional dan pekerja kantoran.

Tapi sayang setelah hadirnya komputer dan laptop, peranan penting dari mesin ketik sudah resmi ditinggalkan.

11. Radio

Guglielmo Marconi merupakan seorang insinyur listrik berkebangsaan Italia, dan dia-lah otak jenius dibalik terciptanya Radio.

Walaupun awal mulanya Radio diciptakan untuk komunikasi satu arah oleh pihak militer, tapi saat ini Radio sudah digunakan untuk pemberitahuan Informasi, berita, hingga tempat saling berdiskusi.

Sayangnya, sekarang radio mulai jarang didengarkan semenjak hadirnya televisi, internet, dan ditambah hadirnya tempat berbagi video secara online.

10. Koran

Surat kabar atau biasa disebut koran, dijual dipinggir jalan, warung dan tempat-tempat sederhana lainnya.

Walaupun koran pernah berjaya di tahun 1990-an sebagai bacaan efektif untuk mengetahui kabar dunia selain di radio.

Bahkan, pada halaman koran kita juga dapat mencari lowongan pekerjaan, jual-beli mobil, dan sebagainya.

Namun semenjak internet hadir begitu cepat, koran mulai ditinggalkan dan tergantikan oleh media online yang dapat dibuka kapan saja dan dimana saja.

9. Surat

Menulis dan mengirim surat kepada keluarga, sahabat jauh, ataupun sahabat pena merupakan hal yang menyenangkan dikala alat komunikasi super kilat belum ditemukan.

Dan perkara menunggu, seminggu, sebulan ataupun setahun adalah kewajiban untuk menantikan sepucuk kabar balasan sebatas mengetahui; sehat-kah atau sakit-kah?.

Tapi setelah hadirnya telepon dan SMS, kita tidak perlu khawatir dan tidak harus menunggu sedemikian lama. Bahkan sekali tekan, pesan sudah sampai.

Sewaktu hadirnya telepon dan SMS, saat itulah surat mulai ditinggalkan, mungkin bisa dibilang sudah ditinggalkan.

8. Kaset CD

Kegunaan dari benda ini banyak sekali, terlebih dalam simpan menyimpan file, dokumen, film, lagu, dan lain-lain. Semua dokumen dan berkas yang berjenis digital semua dapat tersimpan.

Walaupun CD masih tetap digunakan untuk perilisan album lagu, namun kegunaan dari alat tersebut sedikit mulai tergantikan.

Setelah hadirnya memori penyimpanan dan penyimpanan digital berbasis online, CD sudah mulai jarang digunakan.

7. Telepon Rumah dan Telepon Umum

Telepon Rumah

Sebelum kehadiran telepon genggam, telepon rumah dan telepon umum-lah yang sering orang-orang gunakan untuk berkomunikasi.

Bahkan dulu di pinggiran jalan banyak sekali penyedia jasa yang menyewakan telepon umum dengan tarif hitungan menit.

Sayangnya masa keemasan telepon umum dan telepon rumah sudah habis, akibat tergantikan dengan telepon genggam yang lebih praktis dan efektif.

6. Walkman

Credit: telegraph

Walkman adalah sebuah alat untuk pemutaran audio dan video portabel, yang kaset rekamannya berbentuk persegi panjang dan sudah jarang dijual di pasaran.

Walkman sempat berjaya pada masanya dan harganya juga terbilang sangat fantastis.

Namun sayangnya walkman sekarang sudah tidak digunakan lagi setelah kedatangan telepon pintar yang dilengkapi fitur pemutar musik dan pemutar video.

5. Ensiklopedia

Ensiklopedia adalah kumpulan tulisan yang berisi banyak pengertian yang mudah untuk dipahami mengenai ilmu-ilmu pengetahuan.

Mungkin dulu kita melihat ensiklopedia berbentuk buku yang sangat tebal. Namun sekarang, ensiklopedia berbentuk buku sudah tergantikan dengan yang lebih praktis dan efetif yakni Wikipedia.

Wikipedia adalah ensiklopedia bebas yang dapat ditemui di internet, bisa dibuka kapan saja, dan lengkap dengan semua hal.

4. Atlas

Atlas merupakan kumpulan peta berbagai benua yang disatukan dalam bentuk buku, atlas memuat banyak informasi geografi seperti batas negara, sosial, agama, dan ekonomi.

Karena derasnya arus teknologi, atlas mulai tergantikan oleh peta berbasis online seperti google earth maupun google maps.

3. Pangkalan Ojek (Ojek Offline)

Credit: garudanews

Sebelum berkembangnya inovasi dan teknologi, kita kerap kali melihat tukang ojek duduk di pinggiran jalan, di pangkalan, bersama tukang ojek lainnya.

Namun kecerdasan manusia itu bisa ditebak.

Bahkan dengan kekuatan inovasi dan teknologi hadirlah sebuah gagasan baru berupa ojek online yang bisa menjemput Anda dimana saja. Tanpa ada pangkalan, namun pelanggan selalu jalan.

2. Angkot

Credit: infospesial

Angkutan kota atau sering disingkat angkot, merupakan sebuah sarana transportasi yang mempunyai tempat perhentian, yakni sebuah halte.

Angkot juga dapat menurunkan penumpangnya dimana saja, asalkan masih satu arah. Namun sayang, sejak beroperasinya taksi online, angkutan umum perlahan-lahan mulai ditinggalkan.

Selain dinilai kurang praktis, angkot juga sering disebut sebagai sarana transportasi yang rawan akan kejahatan.

1. Permainan Tradisional

Credit: unud

Anda yang lahir ditahun 90-an mungkin pernah merasakan indahnya bermain dengan teman-teman di halaman rumah memainkan permainan-permainan khas tradisional.

Namun sekarang zamannya berbeda, anak-anak lebih suka menyendiri bermain dengan gadget, bermain dengan game portabel, dan bermain dengan hal-hal yang berbau digital.

Bahkan, mungkin anak-anak sekarang juga tidak pernah mengetahui permainan tradisional.

alterntif text
Bagikan:

Rifaldo Surya

Quotes aja ya, Jalani hidup kamu sebaik-baiknya.

You may also like...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.