Kenali, 5 Ular Yang Dapat Memakan Manusia

Bagikan:

Prijaji.com – Kisah ular makan manusia tidak hanya ada di dalam film saja, nyatanya di dunia nyata juga banyak kasus orang tewas karena di makan ular. Bahkan kasus kematian seperti ini sudah sering terjadi di Indonesia.

Ular makan manusia, memangnya ular seperti apa yang dapat memakan manusia? bukankah, ular memiliki tubuh yang kecil dan mulut yang tidak besar? jadi mana mungkin ular dapat memakan manusia.

Jangan salah, ular memiliki struktur rahang yang elastis sehingga ia dapat memakan mangsa yang lebih besar dari dirinya.

Oleh karena itu, maka kenali 5 ular yang dapat memakan manusia.

alterntif text

5. Python (Sanca Kembang/ Sanca Batik)

https://i1.wp.com/prijajiblog.files.wordpress.com/2017/06/pexels-com-fileminimizer3.jpg?ssl=1

Credit: pexels.com

Ular python atau yang biasa disebut sanca kembang/ sanca batik adalah jenis ular yang dapat tumbuh menjadi besar dengan sangat cepat.

Selain besar, python juga bisa dibilang merupakan ular terpanjang di dunia. Bahkan mengalahkan ular terbesar dan terpanjang yang ada di Amerika, yakni ular Anaconda.

Panjang python dapat melebihi 8.5 meter, tidak heran jika ular yang hidup di daerah tropis ini dinobatkan sebagai ular terpanjang di dunia.

Namun sayang, ular yang satu ini tidak memiliki racun, namun ia dapat melilit, meremas hingga tulang-tulang mangsanya remuk dan kemudian mati.

Tidak hanya itu, python juga dapat memakan mangsanya bulat-bulat. Ia bisa memakan hewan apa saja termasuk hewan yang lebih besar dari dirinya, seperti: sapi, kuda, rusa, buaya bahkan manusia.

Banyak kasus ular makan manusia yang pernah terjadi di Indonesia. Dan ketika ditemui, maka ular python lah yang selalu menjadi tersangka utamanya.


Baca juga: 15 Akun Instagram dengan follower terbanyak di dunia


4. Anaconda

Ternyata tidak hanya python saja yang dapat memakan manusia, nyatanya ular raksasa dari Amerika ini juga diisukan dapat memangsa manusia. Tidak bisa dipungkiri, bahwa Anaconda juga salah satu ular terpanjang di dunia setelah Python.

Uniknya, anaconda memiliki banyak kesamaan dengan python, yakni sama-sama tidak memiliki racun.

Karena tidak memiliki racun, maka anaconda dan python membunuh mangsanya dengan melilitnya hingga mati. Kemudian Saat mangsanya mati, baru anaconda dan python menelannya bulat-bulat.

Sama halnya dengan python, anaconda juga dapat menelan mangsa yang lebih besar dari dirinya.


3. Boa

https://i2.wp.com/prijajiblog.files.wordpress.com/2017/06/1-pexels-com-fileminimizer1.jpg?ssl=1

Credit: pexels.com

Boa merupakan salah satu jenis ular raksasa yang tidak memiliki racun. Spesies ular ini dapat ditemukan di Amerika Tengah dan Selatan. Boa memiliki kesamaan dengan anakonda, dan python yakni sama-sama membunuh mangsanya dengan cara melilit.

Namun uniknya, ular ini tidak berkembangbiak dengan cara bertelur melainkan beranak, biasanya Boa betina dapat melahirkan 10-40 anak dalam waktu yang sama. Tidak hanya itu, Boa betina juga cenderung lebih besar dibandingkan dengan boa jantan.


Baca juga: 10 Fakta unik Israel yang belum diketahui banyak orang


2. Inland Taipan

Berbeda dengan tiga jenis ular di atas, ular yang satu ini tidak memiliki tubuh yang besar, namun memiliki racun yang sangat mematikan.  Secara umum, Inland Taipan dapat ditemukan di kawasan benua Australia. Panjangnya pun hanya sekitar 1-2 meter saja.

Akan tetapi, racun ular ini tidak dapat dianggap remeh, bayangkan saja hanya dengan 44-110 mg racun Inland Taipan, maka sudah mampu membunuh  110 manusia dewasa atau setara dengan 250.000 tikus.

Oleh sebab itu, maka tidak heran apabila Inland Taipan dinobatkan sebagai ular paling berbisa di dunia. Bahkan, racun dari ular ini setara dengan 50 kali racun ular king kobra.

Inland Taipan dapat membunuh manusia dengan satu kali gigitannya, dan kemungkinan ia juga dapat memakan manusia setelahnya.


1. Ular Laut Belcher

https://i2.wp.com/prijajiblog.files.wordpress.com/2017/06/glennandert-com-fileminimizer.jpg?ssl=1

Credit: glennandert.com

Selain Inland Taipan, ternyata ular laut Belcher juga mempunyai racun yang sangat mematikan. Bahkan hanya dengan beberapa miligram racun ular ini, maka sudah cukup untuk membunuh 1000 manusia dewasa. Ular laut Belcher, kerap ditemukan di seluruh perairan Asia Tenggara dan Australia Utara.

Walaupun ular yang satu ini relatif jinak, tapi tetap harus waspada apabila sedang berdekatan. Pasalnya, ada beberapa penyelam yang digigit oleh hewan melata ini sehingga mengalami kegagalan fungsi jantung dan meninggal sebelum mencapai permukaan air.

Tidak hanya itu, karena sering terbawa jaring nelayan, maka tidak sedikit nelayan yang juga menjadi korban gigitan ular ini.


Baca juga: 12 Inovasi dan teknologi lama yang tergantikan oleh teknologi baru


Jika menemukan ular. Ular apapun itu dan sekecil apapun itu, tolong jangan di anggap remeh. Siapa tahu ular itu merupakan ular paling berbisa di dunia.

Oleh karena itu, sebaiknya terus waspada pada lingkungan sekitar, serta tetap awasi orang-orang disekitar yang kamu sayangi.

alterntif text
Bagikan:

Rifaldo Surya

Quotes aja ya, Jalani hidup kamu sebaik-baiknya.

You may also like...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.